Change in font'

Selasa, 25 Januari 2011

Memformat teks pada blog

Berikut ini tips untuk penulisan teks pada blog wordpress.com. Format teks blog sering membingungkan bagi para pemula, khususnya berkaitan dengan adanya tampilan/ mode visual dan mode HTML di ruang editing artikel maupun halaman di dasbor wordpress.com.

Dengan menekan tombol “return/enter” (di komputer) pada mode visual di layar tulis blog, akan memutus baris dan memberi satu spasi (ruang kosong/jeda). Jika Anda hanya ingin memotong baris, Anda menekan “shift-return”. Pada mode HTML, menekan sekali “shift-return” akan memberi tambahan spasi, dan jika ditekan dua kali akan berefek ganti baris sekaligus menambah spasi.
Pada mode HTML, jika Anda ingin memberi lebih banyak lagi spasi antar-paragraf, Anda tidak dapat melakukannya dengan menekan berulang kali, sebab pada standar HTML web tidak dikenal pemotongan baris ataupun spasi secara berganda.
Anda dapat menggunakan kode di bawah ini dan letakkan di antara paragraf (pada mode html; sesuaikan lebar ruang dengan mengubah angka):
<div style=”height:1.4em;visibility:hidden;”>ANY CHARACTER HERE</div>
<div style=”height:1.4em;visibility:hidden;”>TULIS KARAKTER SEMBARANG DI SINI</div>
Atau Anda bisa juga menggunakan aplikasi “padding” di atas, di bawah atau di atas dan di bawah paragraf, seperti ini:
<p style=”padding-top:14px;”>TEKS DI SINI</p>
<p style=”padding-bottom:14px;”>TEKS DI SINI</p>
<p style=”padding-top:14px;padding-bottom:12px;”>TEKS DI SINI</p>
Anda juga bisa mengatur lebar ruang kosong dengan mengubah angka. Untuk mengatur lebar jarak (padding) atas dan bawah pada bagian yang lebih besar ketimbang satu paragraf, Anda bisa membatasinya dengan tanda div dan /div di antara p dan /p.
Untuk lebar ekstra di bawah dan di atas sebuah image, Anda bisa menambahkannya pada kode image yakni pada bagian setelah tulisan“img” (lagi-lagi Anda bisa mengatur lebarnya dengan mengubah angkanya):
style=”margin-top:12px;margin-bottom:10px;”
Atau, pada mode editing visual: klik gambar, klik tombol edit (gambar icon gunung), klik “pengaturan lebih lanjut”, isikan angka pada kotak “jarak vertikal”, klik perbarui, dan update tulisan atau halaman.

0 komentar:

Posting Komentar

IP Blog' ^^

IP

Pengikut

 
offsetWidth); }